Beragam Manfaat dan Bentuk Teknologi Andalan Pertanian Masa Kini

Beragam Manfaat dan Bentuk Teknologi Andalan Pertanian Masa Kini

Indonesia merupakan negara agraris, dimana Indonesia mengandalkan sektor pertanian sebagai penopang ekonomi bangsa. Hal tersebut dapat dibenturkan dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat di era sekarang ini, yang mana teknologi dapat membantu proses serta berbagai macam kegiatan di bidang pertanian dengan mudah dan cepat.

Para petani Negara Indonesia tentu mengenal dan sudah menggunakan alat-alat pertanian sejak dahulu, akan tetapi hingga saat ini masih banyak petani yang masih mempertahankan penggunaan alat tradisional. Padahal sudah banyak tersedia alat pertanian berbasis teknologi canggih yang dapat lebih meningkatkan efisiensi dan efektivitas petani.

Manfaat Penggunaan Teknologi Pertanian

Dapat Meningkatkan Produktivitas

Umumnya dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih dan modern, maka segala bentuk kegiatan pertanian jauh dapat lebih dikembangkan dan dapat semakin maju. Pemanfaatan sebuah teknologi dapat dipastikan bahwa akan berdampak pada peningkatan produktivitas yang dihasilkan dibandingkan menggunakan alat atau cara yang tradisional dan manual. Hal tersebut berkaitan dengan hasil dan waktu.

Peningkatan produktivitas tersebut juga akan berdampak kepada kemungkinan menghasilkan keuntungan yang besar pula. Dengan manfaat teknologi di bidang pertanian, maka proses penanaman di lahan yang luas akan dapat terselesaikan dalam jangka waktu yang lebih singkat.

Dapat Menghasilkan Produk Pertanian Berkualitas

Adanya penggunaan teknologi pertanian, selain dari hasil tani yang melimpah, hasil atau produk yang diperoleh juga mempunyai kualitas yang sangat baik. Saat ini, teknologi yang digunakan dalam proses pertanian memiliki kemampuan mengurangi penggunaan air, pupuk, bahkan pestisida.

BACA JUGA  Seputar Teknologi Informasi yang Perlu Kamu Ketahui

Hal tersebut dikarenakan, tanaman yang terlalu banyak menggunakan air, pupuk, maupun pestisida akan menyebabkan penurunan kualitas produk. Oleh karena itu, dengan manfaat teknologi di bidang pertanian, kemungkinan akan hal tersebut sangat kecil. Selain itu, dengan kualitas hasil pertanian yang bagus akan memberikan daya jual produk yang tinggi pula serta keuntungan yang diperoleh petani akan semakin besar.

Dapat Menghemat Faktor Produksi

Faktor produksi memiliki banyak jenis dan bentuknya, yaitu seperti tenaga kerja, modal, waktu, peralatan dan lainnya. Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa penggunaan teknologi di bidang pertanian dapat berdampak pada penggunaan waktu yang lebih singkat, karena proses pertanian dapat dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga.

Penghematan waktu tersebut tentunya berdampak langsung terhadap tenaga kerja yang dibutuhkan semakin berkurang dan modal yang dikeluarkan juga akan semakin sedikit.

Teknologi Di Bidang Pertanian

Traktor

Traktor adalah alat pertanian yang sangat populer dan paling sering digunakan oleh petani Indonesia. Traktor digunakan untuk proses pengolahan tanah pada pertanian di Indonesia. Mesin traktor ini umumnya memiliki dua ukuran, yaitu ukuran kecil dan besar. Sedangkan berdasarkan jenis roda yang digunakannya, traktor dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu traktor dengan menggunakan roda rantai untuk digunakan dalam kondisi tanah yang basah atau berlumpur serta traktor yang memiliki roda dua yang digunakan pada kondisi tanah yang kering atau tidak berlumpur.

Rotavator

Rotavator merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk melakuakan pengolahan tanah pada tahap pertama dan kedua. Pengolahan tanah pertama digunakan untuk memotong, mencacah, serta membolak-balikan tanah. Selanjutnya, untuk proses pengolahan tanah kedua digunakan untuk merapikan kembali posisi tanah, serta menghilangkan tanaman dan juga unsur-unsur pengganggu, serta dapat memperbaiki tata air.

BACA JUGA  Wajib Dicoba, Inilah 2 Tips Jitu Menghapus Akun Telegram Secara Permanen

Bajak singkal

Bajak singkal merupakan alat pengolahan tanah yang memiliki fungsi untuk menggemburkan tanah, serta menghilangkan gulma pada tanah. Bajak singkal ini mempunyai cara kerja yaitu dengan melempar dan membalikkan tanah secara berulang. Terdapat 2 jenis bajak singkal, antara lain bajak singkal 1 arah dan  juga bajak singkal 2 arah.

Garu sisir

Garu sisir merupakan alat teknologi yang dapat digunakan untuk mengolah tanah setelah proses pengolahan menggunakan bajak singkal. Biasanya alat ini digunakan pada kondisi serta keadaan sawah yang masih basah agar tanah yang masih dalam bentuk bongkahan ini nantinya dapat gembur.

Garu piring

Garu piring merupakan jenis alat teknologi pertanian yang digunakan untuk mengolah tanah pada tahap akhir atau sebelum tanam, dengan tujuan untuk membersihkan rumput pada lahan tanam telah bersih dan asri. Selain itu, digunakan alat ini juga saat pengolahan sesudah masa tanam tanaman, yaitu untuk menutupi benih  tanaman yang telah disebar pada tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *