Wajib Dicoba, Inilah 2 Tips Jitu Menghapus Akun Telegram Secara Permanen

Wajib Dicoba, Inilah 2 Tips Jitu Menghapus Akun Telegram Secara Permanen

Belakangan ini, tak sedikit orang yang mencari cara untuk menghapus akun Telegram karena alasan keamanan dan kenyamanan penggunaan. Dikenal sebagai aplikasi chatting yang cukup populer selain WhatsApp (WA), tak sedikit pengguna yang mengaku tidak nyaman karena munculnya isu privasi yang belakangan ini hadir di aplikasi Telegram yang pemberitaannya bermunculan di media-media baik online maupun konvensional.

Lantas, tahukah Anda mengenai bagaimana tips mudah untuk menghapus akun Telegram secara permanen agar terbebas dari isu privasi keamanan dan kenyamanan yang mengganggu? Agar lebih jelasnya, Anda bisa menyimak beberapa tips dan trik di bawah ini.

Pengertian aplikasi Telegram

Tahukah Anda, Telegram sendiri umumnya merupakan suatu aplikasi pesan chatting yang memudahkan para pengguna untuk saling bertukar pesan rahasia dengan sistem enkripsi end-to-end. Selain sebagai aplikasi bertukar pesan, siapa sangka jika dengan menggunakan Telegram ini, Anda bisa saling berkirim foto, video dan bahkan beberapa file dokumen lainnya dengan pengguna lain.

Keunggulan dari aplikasi perpesanan Telegram ini yakni cukup ringan, cepat, gratis dan tidak ada iklan yang mengganggu ketika digunakan. Dengan begitu, para pengguna Telegram tidak perlu khawatir mengalami gangguan ketika berkirim pesan dengan orang lain kapan pun dan dimana pun asalkan tetap terkoneksi dengan jaringan internet.

Beragam fakta menarik Telegram

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara menghapus akun Telegram, ada baiknya bagi Anda untuk tahu lebih dulu mengenai beberapa fakta menarik Telegram seperti berikut ini.

BACA JUGA  Seputar Teknologi Informasi yang Perlu Kamu Ketahui

Adanya fitur channel dan username

Demi mendukung performa bagi para pengguna, Telegram ini rupanya memiliki fitur channel untuk memudahkan para figur publik, instansi, perusahaan maupun organisasi memberi tahu kabar terbaru mengenai topik tertentu. Di samping itu, adanya fitur username juga sering digunakan untuk pengganti nomor telepon ketika orang lain memerlukan menambahkan akun pengguna ke dalam kontaknya.

Bisa digunakan di berbagai perangkat pendukung sekaligus

Menariknya dari aplikasi Telegram ini rupanya bisa digunakan di banyak perangkat pendukung sekaligus dalam satu waktu. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Telegram di desktop PC melalui website maupun aplikasi tambahan. Sehingga, pengguna yang yang memang tidak selalu membuka smartphone bisa memanfaatkan penggunaan Telegram di komputer / PC.

Adanya fitur keamanan yang terjaga

Dengan adanya sistem enkripsi end-to-end yang ada di dalamnya, membuat Telegram bisa berkirim pesan dengan aman tanpa takut diretas ataupun dibobol oleh oknum tak bertanggung jawab. Hal inilah yang akan membuat peretas sulit untuk membobol aplikasi chatting orang lain karena harus menebak kode – kode rumit di dalamnya. Meskipun memiliki keamanan yang terjaga, siapa sangka jika banyak orang kini memilih untuk menghapus akun Telegram.

Tips cara menghapus akun Telegram permanen

Bagi Anda yang berniat untuk menghapus akun Telegram secara permanen, bisa memilih 2 tips dengan langkah – langkah seperti berikut.

Melalui aplikasi Telegram

  1. Buka aplikasi Telegram yang terpasang di smartphone.

  2. Pilih ikon garis tiga yang berada di bagian pojok kiri layar aplikasi tersebut.

  3. Kemudian, klik pada menu ‘Pengaturan’ dan pilih pada opsi ‘Privasi dan Keamanan’.

  4. Jika sudah, Anda scroll ke bawah sampai menemukan opsi menu ‘Hapus Akun Saya’.

  5. Kemudian, Anda klik pada bagian ‘Jika Berjarak’ dan pilih berapa waktu yang diinginkan.

  6. Terakhir, hapus aplikasi Telegram yang ada di ponsel secara permanen.

BACA JUGA  Beragam Manfaat dan Bentuk Teknologi Andalan Pertanian Masa Kini

Melalui situs web browser

  1. Pertama, Anda kunjungi halaman situs web browser di https://my.telegram.org/auth?to=deactivate.

  2. Setelah itu, masukkan nomor Telegram dengan cara menambah kode negara Indonesia +62.

  3. Tunggu sampai muncul notifikasi pesan melalui Telegram mengenai kode verifikasi yang harus dilakukan.

  4. Kemudian, Anda masukkan kode verifikasi tersebut di kolom yang telah tersedia dan tap menu ‘Sign In’.

  5. Dalam menghapus akun Telegram, Anda tinggal pilih menu ‘Delete Account’.

  6. Jika sudah, Anda tinggal memasukkan alasan mengapa ingin menghapus Telegram tersebut.

  7. Setelah itu, tekan tombol biru ‘Delete My Account’ dan klik opsi ‘Yes, Delete My Account’.

  8. Proses penghapusan akun Telegram telah berhasil dilakukan.

Demikianlah beberapa cara mudah menghapus akun Telegram yang bisa Anda lakukan baik melalui aplikasi maupun dengan situs web browser.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *